Selasa, 09 Juni 2009

Espresso

espresso

Espresso menjadi salah satu jenis minuman kopi yang nikmat. Apakah espresso itu? Espresso adalah kopi yang sangat pekat dan dibuat dengan cara menyemprotkan air yang sangat panas dengan tekanan tinggi ke dalam kopi sehingga citarasa khas kopi lebih terasa.

Di Indonesia, ada juga minuman dengan cara ekstrasi yang mirip espresso. Minuman ini sering dikenal sebagai kopi tubruk. Meski ada sedikit perbedaan meski cara ekstrasinya sama. Perbedaannya adalah kopi tubruk biasanya memiliki ampas.

Namun karena merupakan kopi yang pekat, apakah espresso berbahaya? Bagaimana dengan kandungan kafein dalam secangkir espresso? Lalu bagaimana dengan kenikmatan espresso?

Kafein memang memiliki dampak negatif. Selain kafein, ternyata espresso atau kopi tubruk bisa meningkatkan kadar kolesterol. Biji kopi mengandung senyawa peningkat kadar kolesterol, yang disebut kafestol. Kafestol akan keluar dari biji kopi saat air panas dituangkan secara langsung pada kopi bubuk. Dalam pembuatan espresso, air panas akan langsung disemprot dengan tekanan tinggi ke kopi sehingga akan menghasilkan kafestol. Proses pembuatan espresso tanpa menggunakan saringan kertas sehingga akan menghasilkan cukup banyak kafestol. Jika tidak menggunakan saringan kertas, maka kafestol masih terkandung dalam seduhan kopi itu.

Lalu bagaimana cara pembuatan espresso? Apa saja bahaya bagi kesehatan jika Anda penggemar espresso dan kopi tubruk? Simak ulasan menarik tentang espresso pada artikel kuliner berikut ini.

Tidak ada komentar:

Berlangganan Info Gratis


Anda pun dapat berlangganan informasi menarik lainnya secara gratis pada website Kumpulan.Info. Untuk berlangganan info terbaru, silahkan klik link di bawah ini:
» Berlangganan Info Terbaru Gratis di Kumpulan.Info